Perencanaan Pemasaran Global Dan Tahap-Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional
NAMA :
Larissa Hajryanti
NPM : 18216401
KELAS :
4EA25
TUGAS 1
PERENCANAAN PEMASARAN
GLOBAL
Pemasaran global adalah proses
menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari
suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar
global.
Dimensi-dimensi utama dalam
pemasaran global:
- Lingkungan pemasaran global
- Segmentasi pasar global
- Pemasaran dengan sasaran global
- Merumuskan strategi dan rencana pemasaran
global
- Bauran pemasaran global
- Mengelola dan memimpin usaha pemasaran
global
BEBERAPA KONSEP KUNCI
Ada 6 konsep kunci yang memberi dukungan ke arah
pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tantangan dari pemasaran
global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di Dunia, Pengelompokkan,
segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan, pengaruh yang
mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur perdagangan
produk.
1.Strategi
Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang
dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak
yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis.
2.Perusahaan di Dunia.
Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari
pemasaran domestik.
Pertama adalah konteks atau lingkungan pemasaran global.
4 dimensi utama, yaitu produk, pasar yg dilayani, sumber daya dan keterampilan.
Perusahaan dunia yang berisi lebih dari 180 negara.
Masing-masing Negara memiliki beberapa
persamaan dan perbedaan dengan Negara lain. Walaupun setiap Negara dan
territorial pada dasarnya unik, analisis statistic dari dimensi lingkungan
utama maupun penilaian manajerial setuju bahwa kita boleh mengelompokkan beberapa Negara, yang
sebenarnya mempunyai lingkungan pasar yang berbeda, agar persamaan dalam yang
ada dalam kelompok dan perbedaan antar kelompok menjadi jelas.
3.Pengelompokkan, Segmentasi dan Target Pemasaran
Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia berbeda
cukup besar dalam banyak dimensi kunci.
Karakteristik pasar lain yang penting adalah ukuran
luasnya.
Geografi adalah criteria pengelompokan dengan makna yang
besar. Negara yang saling berdekatan mempunyai beberapa persamaan. Jadi kita
mempunyai pasar Amerika Utara, pasar Eropa, dan pasar kawasan Pasifik.
Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang
membedakan pasar. Dalam industri media, hal ini amat signifikan. Dunia
dibagi-bagi ke dalam kelompok atau segmen bahasa : Mandarin, Inggris, Spanyol,
dan lainnya. Berbagai Negara dapat dikelompokkan ke dalam segmen bahasa dan
budaya yang melintasi batas geografi, pendapatan dan ukuran
4.Kepekaan Lingkungan
Suatu cara yang paling berguna utk melihat produk secara
internasional adalah menempatkannya dalam rangkaian kepekaan lingkungan. Di
salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak peka terhadap
lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi
dan sosial dari pasar di seluruh dunia.
5.Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan
Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap
situasi ada aspek yang unik maupun yang serupa.Aspek unik mempunyai pengaruh
yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.Apabila analisis sebuah pasar hanya
memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hsilnya adalah analisis
sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau
terlalu berbeda.
6.Daur Hidup Produk/Pasar
Konsep DHP terbentuk dengan baik dalam pemasaran.
Pengertian umum DHP adalah bahwa suatu produk mempunyai karakteristik atau
kehidupan normal dengan urutan awal atau kelahiran dan pertumbuhan cepat (tahap
pertumbuhan), diikuti dengan pertumbuhan yang kecepatannya menurun, tidak ada
pertumbuhan, penurunan dan akhirnya , untuk melengkapi metafora, mati.
Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar ada
tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Suah perusahaan
yang berkecimpung dalam pemasaran global akan mengetahui bahwa tidak semua
pasar berada pada tahap perkembangan yang sama.
Misalnya : produk yang sama mungkin berbeda dalam posisebi
dewasa di sebuah Negara dan pada tahap pertumbuhan di Negara lain. Sehingga
strategi pemasaran yang memadai untuk
produk tersebut akan berbeda untuk setiap pasarnya (negaranya).
DIMENSI STRATEGI :
§ Lingkungan Eksternal
Perusahaan. Proses perencanaan strategi memerlukan
penilaian fakta dan asumsi yang menyangkut lingkungan eksternal perusahaan.
Penilaian ini di seputar dimensi makro faktor-faktor ekonomi, sosialbudaya,
politik dan teknologi; disamping juga faktor-faktor mikro dari pasar, biaya,
pesaing, pelanggan dan pemerintah.
§ Organisasi. Proses strategis memerlukan identifikasi asumsi kunci mengenai
organisasi, terutama kekuatan dan kelemahannya.
§ Nilai Pihak yang
Berkepentingan. Pihak yang berkepentingan adalah
orang atau kelompok yang mempunyai minat dalam hasil dari kegiatan organisasi,
yaitu termasuk pemegang saham, manajer, karyawan pelanggan, anggota masyarakat,
Negara dimana perusahaan beroperasi, dan lainnya. Karena pihak yang
berkepentingan seringkali mempunyai nilai dan minat yang bertentangan,
menyelesaikan masalah ini merupakan tugas manajemen, yang memerlukan
ketrampilan dan bakat berpolitik.
Proses perumusan perumusan strategi strategi
1. Penilaian
Penilaian kesempatan kesempatan , ancaman ancaman dan kcenderungan kcenderungan
lingkugan lingkugan; kekuatan kekuatan dan kelemehan kelemehan organisasi
organisasi; dan keinginan keinginan pihak yang berkepentingan berkepentingan
2. Penentuan Penentuan tujuan dan sasaran sasaran
3. Proses identifikasi identifikasi kekuatan kekuatan
yang mendorong mendorong bisnis, kompetensi kompetensi yang membedakan
membedakan
4. Mengembangkan Mengembangkan rencana rencana dan
program program terpadu terpadu
5. Implementasi Implementasi rencana rencana
6. Pengendalian Pengendalian
TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN
PERUSAHAAN TRANSNASIONAL :
Ada 5 tahap dalam evolusi perusahaan transnasional,
yaitu : Domestik, Internasional, Multinasional, Global dan Transnasional.
Tahap 1 : Domestik
Strategi :
Domestik
Model
: Tidak ada
Pandangan
mengenal dunia : Negara sendiri
Orientasi :
Etnosentris
Aset kunci
: Lokasi di negara sendiri
Peran unit
negara :
Satu negara
Pengetahuan :
Negara sendiri
Contoh
negara dan produk : Pt.Semen Padang (Indonesia)
merupakan produsen semen
Moto yang tidak disadari dari perusahaan : “Bila tidak terjadi di negara ini, hal itu
tidak akan terjadi”
Tahap 2 : Internasional
Strategi :
Internasional
Model
: Federasi terkoordinasi
Pandangan
mengenal dunia : Perluasan pasar
Orientasi
: Etnosentris
Aset
kunci
: Inti tersentralisasi dan yang lainnya tersebar
Peran unit
negara :
Mengadaptasi dan meningkatkan kompetensi
Pengetahuan
: Diciptakan dipusat dan dialihkan
Contoh
negara dan produk : Perusahaan
Tongda Group Holdings (China) merupakan produsen suku cadang logam
berukuran kecil
Tahap 3 : Multinasional
Strategi :
Multinasional
Model
: Federasi tersentralisasi
Pandangan
mengenal dunia : Pasar nasional
Orientasi
: Polisentris
Aset kunci
: Terdesentralisasi dan memenuhi kebutuhan sendiri
Peran unit
negara
: manjajaki peluang lokal
Pengetahuan
: Dipertahankan dalam unit operasi
Contoh
negara dan produk : Perusahaan
Dunkin Donuts (US) merupakan produsen donat
Tahap 4 : Global
Strategi
: Global
Model
: Kegiatan tersentralisasi
Pandangan
mengenal dunia : Pasar atau sumber
daya global
Orientasi
: Campuran
Aset kunci
: Semuanya di negara sendiri kecuali pemasaran
Peran unit
negara
: Pemasaran atau mencari pemasok
Pengetahuan
: Pemasaran dikembangkan dan dipakai bersama
Contoh
negara dan produk : Perusahaan
Adidas (Jerman) merupakan produsen baju dan sepatu
Tahap 5 : Transnasional
Strategi :
Transnasional
Model
: Jaringan terpadu
Pandangan
mengenal dunia : Pasar dan sumber daya global
Orientasi
: Geosentris
Aset kunci
: Tersebar saling tergantung dan terspesialisasi
Peran unit
negara :
Kontribusi pada perusahaan di seluruh dunia
Pengetahuan
: Semua fungsi dikembangkan dan dipakai bersama
Contoh
negara dan produk : Perusahaan
Mitsubishi (Jepang) merupakan produsen mobil
Komentar
Posting Komentar