Perencanaan Pemasaran Global Dan Tahap-Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional




NAMA            : Larissa Hajryanti
NPM               : 18216401
KELAS           : 4EA25
TUGAS 1  

PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL

Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.
            Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran global:
  1. Lingkungan pemasaran global
  2. Segmentasi pasar global
  3. Pemasaran dengan sasaran global
  4. Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
  5. Bauran pemasaran global
  6. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global
BEBERAPA KONSEP KUNCI
Ada 6 konsep kunci yang memberi dukungan ke arah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tantangan dari pemasaran global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di Dunia, Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan, pengaruh yang mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur perdagangan produk.
1.Strategi
Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis.
2.Perusahaan di Dunia.
Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestik.
Pertama adalah konteks atau lingkungan pemasaran global. 4 dimensi utama, yaitu produk, pasar yg dilayani, sumber daya dan keterampilan.
Perusahaan dunia yang berisi lebih dari 180 negara. Masing-masing Negara  memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Negara lain. Walaupun setiap Negara dan territorial pada dasarnya unik, analisis statistic dari dimensi lingkungan utama maupun penilaian manajerial setuju bahwa kita boleh mengelompokkan beberapa Negara, yang sebenarnya mempunyai lingkungan pasar yang berbeda, agar persamaan dalam yang ada dalam kelompok dan perbedaan antar kelompok menjadi jelas.
3.Pengelompokkan, Segmentasi dan Target Pemasaran
Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia berbeda cukup besar dalam banyak dimensi kunci.
Karakteristik pasar lain yang penting adalah ukuran luasnya.
Geografi adalah criteria pengelompokan dengan makna yang besar. Negara yang saling berdekatan mempunyai beberapa persamaan. Jadi kita mempunyai pasar Amerika Utara, pasar Eropa, dan pasar kawasan Pasifik.
Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang membedakan pasar. Dalam industri media, hal ini amat signifikan. Dunia dibagi-bagi ke dalam kelompok atau segmen bahasa : Mandarin, Inggris, Spanyol, dan lainnya. Berbagai Negara dapat dikelompokkan ke dalam segmen bahasa dan budaya yang melintasi batas geografi, pendapatan dan ukuran
4.Kepekaan Lingkungan
Suatu cara yang paling berguna utk melihat produk secara internasional adalah menempatkannya dalam rangkaian kepekaan lingkungan. Di salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak peka terhadap lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi dan sosial dari pasar di seluruh dunia.
5.Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan
Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap situasi ada aspek yang unik maupun yang serupa.Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hsilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau terlalu berbeda.
6.Daur Hidup Produk/Pasar
Konsep DHP terbentuk dengan baik dalam pemasaran. Pengertian umum DHP adalah bahwa suatu produk mempunyai karakteristik atau kehidupan normal dengan urutan awal atau kelahiran dan pertumbuhan cepat (tahap pertumbuhan), diikuti dengan pertumbuhan yang kecepatannya menurun, tidak ada pertumbuhan, penurunan dan akhirnya , untuk melengkapi metafora, mati.
Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar ada tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Suah perusahaan yang berkecimpung dalam pemasaran global akan mengetahui bahwa tidak semua pasar berada pada tahap perkembangan yang sama.
Misalnya : produk yang sama mungkin berbeda dalam posisebi dewasa di sebuah Negara dan pada tahap pertumbuhan di Negara lain. Sehingga strategi  pemasaran yang memadai untuk produk tersebut akan berbeda untuk setiap pasarnya (negaranya).

DIMENSI STRATEGI :
§ Lingkungan Eksternal Perusahaan. Proses perencanaan strategi memerlukan penilaian fakta dan asumsi yang menyangkut lingkungan eksternal perusahaan. Penilaian ini di seputar dimensi makro faktor-faktor ekonomi, sosialbudaya, politik dan teknologi; disamping juga faktor-faktor mikro dari pasar, biaya, pesaing, pelanggan dan pemerintah.
§ Organisasi. Proses strategis memerlukan identifikasi asumsi kunci mengenai organisasi, terutama kekuatan dan kelemahannya.
§ Nilai Pihak yang Berkepentingan. Pihak yang berkepentingan adalah orang atau kelompok yang mempunyai minat dalam hasil dari kegiatan organisasi, yaitu termasuk pemegang saham, manajer, karyawan pelanggan, anggota masyarakat, Negara dimana perusahaan beroperasi, dan lainnya. Karena pihak yang berkepentingan seringkali mempunyai nilai dan minat yang bertentangan, menyelesaikan masalah ini merupakan tugas manajemen, yang memerlukan ketrampilan dan bakat berpolitik.

Proses perumusan perumusan strategi strategi
1. Penilaian Penilaian kesempatan kesempatan , ancaman ancaman dan kcenderungan kcenderungan lingkugan lingkugan; kekuatan kekuatan dan kelemehan kelemehan organisasi organisasi; dan keinginan keinginan pihak yang berkepentingan berkepentingan
2. Penentuan Penentuan tujuan dan sasaran sasaran
3. Proses identifikasi identifikasi kekuatan kekuatan yang mendorong mendorong bisnis, kompetensi kompetensi yang membedakan membedakan
4. Mengembangkan Mengembangkan rencana rencana dan program program terpadu terpadu
5. Implementasi Implementasi rencana rencana
6. Pengendalian Pengendalian


TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL :
Ada 5 tahap dalam evolusi perusahaan transnasional, yaitu : Domestik, Internasional, Multinasional, Global dan Transnasional.
Tahap 1 : Domestik
Strategi                                     : Domestik
Model                                       : Tidak ada
Pandangan mengenal dunia     : Negara sendiri
Orientasi                                  : Etnosentris
Aset kunci                                : Lokasi di negara sendiri
Peran unit negara                     : Satu negara
Pengetahuan                             : Negara sendiri
 Contoh negara dan produk       : Pt.Semen Padang (Indonesia) merupakan produsen semen
Moto yang tidak disadari dari perusahaan : “Bila tidak terjadi di negara ini, hal itu tidak akan terjadi”

Tahap 2 : Internasional
Strategi                                     : Internasional
Model                                       : Federasi terkoordinasi
Pandangan mengenal dunia      : Perluasan pasar
Orientasi                                   : Etnosentris
 Aset kunci                                : Inti tersentralisasi dan yang lainnya tersebar
Peran unit negara                      : Mengadaptasi dan meningkatkan kompetensi
Pengetahuan                              : Diciptakan dipusat dan dialihkan
Contoh negara dan produk        : Perusahaan Tongda Group Holdings (China) merupakan  produsen suku cadang logam berukuran kecil
Tahap 3 : Multinasional
Strategi                                     : Multinasional
Model                                       : Federasi tersentralisasi
Pandangan mengenal dunia      : Pasar nasional
Orientasi                                   : Polisentris
Aset kunci                                 : Terdesentralisasi dan memenuhi kebutuhan sendiri
Peran unit negara                      : manjajaki peluang lokal
Pengetahuan                              : Dipertahankan dalam unit operasi
Contoh negara dan produk        : Perusahaan Dunkin Donuts (US) merupakan produsen donat

Tahap 4 : Global
Strategi                                      : Global
Model                                        : Kegiatan tersentralisasi
Pandangan mengenal dunia       : Pasar atau sumber daya global
Orientasi                                    : Campuran
Aset kunci                                 : Semuanya di negara sendiri kecuali pemasaran
Peran unit negara                       : Pemasaran atau mencari pemasok
Pengetahuan                              : Pemasaran dikembangkan dan dipakai bersama
Contoh negara dan produk        : Perusahaan Adidas (Jerman) merupakan produsen baju dan sepatu


 Tahap 5 : Transnasional
Strategi                                     : Transnasional
Model                                       : Jaringan terpadu
Pandangan mengenal dunia      : Pasar dan sumber daya global
Orientasi                                   : Geosentris
Aset kunci                                 : Tersebar saling tergantung dan terspesialisasi
Peran unit negara                      : Kontribusi pada perusahaan di seluruh dunia
Pengetahuan                              : Semua fungsi dikembangkan dan dipakai bersama
Contoh negara dan produk        : Perusahaan Mitsubishi (Jepang) merupakan produsen mobil




SUMBER / DAFTAR PUSTAKA  :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Individu2 "Kasus Pelanggaran Etika Bisnis"

Kebudayaan Indonesia Diklaim Oleh Negara Lain

TUGAS 1 EKONOMI KOPERASI