Mnj.Pemasaran Era Rev.Industri4,

Nama : Larissa Hajryanti
Kelas : 4EA25
NPM : 18216401 (Npm Ganjil)
UNIVERSITAS GUNADARMA 


Pengertian globalisasi bisnis
Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak berupa peluang dan juga ancaman baru.

  • Globalisasi pasar, yaitu suatu kejadian dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia atau internasional.
  • Globalisasi produksi, yaitu berkenaan dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.

Perencanaan Pemasaran Global Secara Spesifik 
Subyek utama dalam marketing plan adalah sumber daya manusia perusahaan. Ini karena marketing plan berperan untuk menentukan dan memastikan bagaimana SDM perusahaan dapat menjalankan apa yang sudah direncanakan. Sehingga untuk membentuk marketing yang efektif perlu menentapkan tujuan yang jelas agar bisa menuju tujuan strategis jangka panjang perusahaan Anda.
Sebagai contoh, ketika Anda memiliki target konsumen tertentu, maka marketing plan harus mengarah pada sasaran tersebut. Marketing plan juga termasuk tenggang waktu dan persetujuan anggaran pemasaran untuk membangun prioritas.

Marketing Plan
How to Create a Marketing Plan:
a. Self Evaluation
Wirauasaha harus mengevaluasi keadaan sekarang, meliputi bagaimana penjualan tahun-tahun yang lain, organisasi bisnis, saluran distribusi, promosi, dan sumber daya manusia yang dimiliki bisnis. Dengan SE wirausaha akan mengetahui persis keadaan dan kondisi yang ada.
b. S.W.O.T
Setelah melakukan evalausi keadaan wirausaha akan dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Dengan melakukan analisis SWOT akan diketahui akar permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh bisnis.
c. Marketing Objectives
Tujuan pemasaran bisnis tentu beraneka ragam sesuai dengan kepentingan bisnis masing-masing. Sebagai contoh dapat dikemukakan tujuan pemasaran, mempertahankan posisi bisnis sebagai market leader, atau memperluas penguasaan market.


Pengendalian Pemasaran Global 

Pengendalian pemasaran adalah sebuah usaha mengoreksi dan selanjutnya memberikan petunjuk kepada pemasar dalam melaksanakan strategi pemasaran supaya pemasar selalu bertindak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Dengan begitu maka bisa menghasilkan hasil yang optimal. Apabila dalam melakukan evaluasi ditemukan suatu penyimpangan-penyimpangan, maka pemasar haruslah bisa menemukan serta menyiapkan rencana-rencana cadangan atau solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pengendalian pemasaran tersebut dilakukan dengan cara mengamati, memonitori, mengecek serta membandingkan kinerja pemasaran dengan strategi-strategi pemasaran yang sudah dibaut sebelumnya.

Langkah utama proses pengendalian pemasaran global :
1.      Menyusun Standar
Standar pengendalian harus mencakup semua aspekpemasaran yang controllable, hal dimana managemen bisamempengaruhi hasil yang dicapai. Penetapan standar harusmelibatkan managemen lokal yang lebih memahami situasinegara secara lebih baik. Keterlibatan manager lokal akanmeningkatkan sense of ownership yang akan meningkatkanmotivasi mereka dalam rangka mewujudkan target yangditetapkan.

2.Mengukur kinerja dan membandingkannya dengan standar
Proses pemantauan dan pengukuran kinerja tersebut bisadilakukan dengan berbagai cara, misalnya lewat mekanismepelaporan tertulis rutin (harian, mingguan, bulanan,kuartalan), pertemuan regular (baik tatap muka maupun viaperalatan mutakhir seperti teleconference), dan teknik-teknikpengukuran khusus (diantaranya analisis biaya distribusi danaudit pemasaran).

3.. Melakukan tindakan korektif
Managemen harus mengendalikan operasi yang dibarengidengan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Dalambisnis internasional, sering pengendalian dan penyesuaiansukar dilakukan karena adanya gap jarak dan komunikasi.Meskipun demikian, seiring dengan kemajuan teknologiinformasi, masalah-masalah tersebut perlahan tapi pasti akandapat diatasi.


Daftar Pustaka :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Individu2 "Kasus Pelanggaran Etika Bisnis"

Kebudayaan Indonesia Diklaim Oleh Negara Lain

TUGAS 1 EKONOMI KOPERASI